Home / Info Sumsel / Ternyata Ini Alasan Kenapa Harga Buah di Jepang Lebih Mahal

Ternyata Ini Alasan Kenapa Harga Buah di Jepang Lebih Mahal

SUMSELPOS.COM – Jepang memiliki buah dengan kualitas yang sangat baik. Kualitas inilah yang membuat harga buah di Jepang lebih mahal. Seperti ini penjelasannya.

Buah merupakan bahan makanan yang menjadi sumber vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah dengan rutin dinilai dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah-buahan memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing yang bisa dikonsumsi sesuai yang dibutuhkan. Indonesia, sebagai negara tropis, memiliki jenis buah yang sangat bervariasi, mudah didapat, dan harganya relatif murah.

Tetapi di Jepang, masyarakatnya harus merogoh kocek lebih dalam kalau mau menikmati buah. Hal ini karena harga buah di Jepang cenderung mahal. Ternyata ada alasan mengapa Jepang menjual buah dengan harga yang cukup tinggi.

Dilansir melalui Tsunagu Japan (18/1), banyak petani lokal yang termotivasi untuk menanam buah-buahan dengan mewah untuk mengangkat citra daerahnya. Tak jarang mereka akan hanya menanam satu buah pada sebidang tanah yang cukup luas.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas buah yang ditanam secara eksklusif. Kualitas ini yang kemudian membuat harga buah menjadi mahal karena kerja keras para petani lokal yang berusaha menanam buah dengan sangat baik.

Selain itu, beberapa buah juga bersifat musiman atau tidak bisa dipanen sepanjang tahun. Seperti semangka dan melon yang hanya bisa ditanam pada musim panas. Sedangkan apel dan strawberry menjadi buah yang akan dipanen pada musim dingin saja.

Buah-buahan yang tidak bisa dipanen sepanjang tahun juga membuat harga buah di Jepang melonjak sangat tinggi. Bahkan, buah di Jepang seringkali menjadi hadiah mewah yang diberikan pada keluarga, kolega dan orang-orang terdekat lainnya.

Eksklusifnya buah di Jepang bahkan juga dijadikan oleh beberapa orang sebagai ungkapan terima kasih yang diberikan kepada orang lain atau bahkan rekan bisnis. Jika kamu ingin mencoba buah premium asal Jepang, berikut ini ada 3 buah yang direkomendasikan untuk dicoba:

1. Semangka Jepang
Ternyata Ini Alasan Kenapa Harga Buah di Jepang Lebih Mahal
Di Jepang, semangka ditanam oleh petani lokal dengan beragam bentuk dan ukuran yang membuatnya terlihat mewah. Salah satu yang paling terkenal adalah semangka Zentsuji yang dibudidayakan di kota Zentsuji, Kagawa.

Semangka ini berbentuk persegi dan dijual seharga 10.000 yen atau setara dengan Rp 1,3 Juta. Semangka ini seringkali digunakan sebagai hadiah istimewa.

2. Anggur Muscat dan Ruby Roman
Prefektur Okayama dikenal sebagai daerah penghasil anggur yang lezat di Jepang. Anggur dari daerah ini bahkan disebut punya rasa semanis surga yang bisa meleleh ketika digigit.

Anggur asal Jepang ini bahkan tidak memiliki biji dan memiliki tampilan fisik yang sangat sempurna. Untuk ukuran 1 kilogram anggur biasanya dijual seharga 10.000 yen atau sekitar Rp 1,3 Juta.

3. Strawberry Jepang
Ternyata Ini Alasan Kenapa Harga Buah di Jepang Lebih
Strawberry asal Jepang menjadi varietas strawberry yang begitu diunggulkan. Salah satunya strawberry Amao asal Fukuoka yang memiliki ukuran 4 – 5 kali lipat lebih besar dari jenis strawberry pada umumnya. Strawberry ini dijual seharga 1.000 yen atau Rp 133 ribu per kilogram.

Jenis strawberry terkenal lainnya datang dari Yamanashi, yaitu Hatsukoi no Kaori. Strawberry ini memiliki ciri fisik yang berbeda karena warnanya putih. Sama dengan strawberry Amao, Hatsukoi no Kaori ini juga dijual seharga 1.000 yen atau seharga Rp 133 ribu.(detikcom)

About sumselpos

Check Also

Ribuan CCTV Israel Diretas Kelompok Hacker Malaysia

SUMSELPOS.COM – DragonForce [hacker] Malaysia mengklaim telah meretas 5.000 CCTV Israel. Berbagai jaringan CCTV yang …