Home / Teknologi / Ini Tips Bikin Komputer Tetap Awet dan Tak Jadi Sampah Elektronik

Ini Tips Bikin Komputer Tetap Awet dan Tak Jadi Sampah Elektronik

SUMSELPOS.COM  – Berkenaan dengan momen peringatan Hari Bumi atau Hari Bumi, beragam cara dapat dilakukan untuk mendaur ulang penggunaan plastik dan kertas. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah untuk mendaur ulang barang elektronik seperti komputer.

Agak rumit memang mendaur ulang barang elektronik jika dibandingkan dengan kertas atau plastik. Maka, ada tips agar komputer dapat bertahan lebih lama sehingga tidak cepat rusak dan menjadi sampah elektronik.

Dilansir dari detikcom, Rick Patin seorang teknisi komputer di Amerika Serikat menyatakan bahwa umur perangkat khususnya komputer rata-rata 6 tahun. Namun kebanyakan pengguna sudah mengalami kerusakan sebelum waktunya.

Dan menurutnya, banyak dari mereka yang memutuskan untuk membeli barang baru. Harus melakukan perbaikan yang menghabiskan uang banyak. Hal inilah yang turut menyumbang sampah elektronik. Namun komputer jika digunakan dengan benar dapat bertahan lama.

“Mesin-mesin itu tidak akan bertahan lama. Ada juga pola pikir ketika Anda membeli mesin yang tidak mahal, Anda tidak akan menghabiskan USD 200 untuk memperbaikinya dan akan mencampakkannya,” katanya.

Banyak pengguna yang melaporkan kinerja komputer menurun atau melambat karena adanya malware atau virus. Namun hal ini dapat menghapus izin dari hard drive dan registry. Ia membaca Malware Bytes dan CCleaner. Performa komputer pun akan cepat kembali. Selain itu juga harus rutin update.

“Jika Anda berbicara tentang PC umum, itu adalah produk Microsoft, Anda akan melihat sebagian besar virus dan spyware. Juga kurangnya pembaruan, update Windows,” katanya.

Yang terakhir dapat diperbaiki dengan mengunduh pembaruan tersebut secara manual atau mengaturnya untuk memperbarui sesuai jadwal. Mengatur ulang atau mematikan komputer sebelum pergi tidur juga bisa membereskan pembaruan.

“Reset atau restart komputer Anda sekali seminggu. Itu memungkinkan semua pembaruan terjadi. Jika tidak aktif, mereka tidak dapat melakukannya.” jelasnya

Dia juga peduli agar konsumen meningkatkan hard drive mereka ke solid-state atau SSD yang tidak berputar, sehingga memiliki masa pakai lebih lama drive masa lalu. Dan sebelum melakukan apa pun, wajib untuk mencadangkan konten hard drive sehingga memori berharga seperti foto dan video tidak hilang. (mg1)

2021-05-04

About admin

Check Also

Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Motor Matic

SUMSELPOS.COM – Selain oli mesin, motor matic memiliki satu lagi pelumas yang wajib diganti secara …

Exit mobile version