Home / makanan / Tips Buat Sambal Goreng Kentang dan Krecek yang Sedap

Tips Buat Sambal Goreng Kentang dan Krecek yang Sedap

SUMSELPOS-Olahan kentang dan tahu gaya Jawa ini enak buat lauk makan siang. Rasanya pedas gurih dan makin enak dengan tambahan krecek yang kenyal.

Kentang selain diolah jadi perkedel dan isian sop, enak diolah jadi sambal goreng. Masakan dengan paduan santan dan bumbu cabe khas Jawa ini kuahnya nyemek agak kental. Bisa dipadukan dengan hati, tahu, krecek bahkan telur rebus.

Meskpun sambal goreng kentang sering dipakai sebagai lauk lontong opor atau nasi kuning, tetap enak dimakan dengan nasi hangat sebagai lauk makan siang. Kali ini sambal goreng kentang dipadukan dengan krecek dan tahu.

Rahasia kelezatannya terletak pada santan segar dan bumbu yang dimasak perlahan hingga meresap ke dalam kentang, tahu dan krecek. Paduan rasa gurih, pedas dan sedikit manis jadi ciri khasnya.

Tips:

1. Saat menggoreng kentang dan tahu cukup hingga setengah matang. Bagian luarnya sedikit kering. Agar bumbu bisa meresap ke dalamnya dan tidak alot.
2. Krecek yang cocok untuk sambal goreng kentang adalah krecek yang dipotong sedang dan sudah digoreng. Biasanya dijual dalam kemasan kantong plastik. Pilih krecek untuk masakan.
3. Jika suka sambal goreng dengan kuah agak banyak, tambahkan jumlah santannya. Tetapi jika suka yang agak kering masak hingga santan menjadi berminyak kemerahan (detik.com)

2021-02-22

About admin

Exit mobile version