Home / Internasional / Di Saat Orang-Orang Kreatif Gambarkan Memori Covid-19 di Masker

Di Saat Orang-Orang Kreatif Gambarkan Memori Covid-19 di Masker

SUMSELPOS.COM -Di tangan orang kreatif, masker sekali pakai yang polos bisa tampil unik dengan desain tak biasa. Setidaknya itu yang tergambar dari desain 10 finalis Kompetisi Desain Masker Kingston x CSD APAC yang memasuki tahap voting publik hingga 10 Februari 2021.

Sepuluh desain masker menjadi dua kategori, yakni 3-Colors dan Unlimited Colors. Kelompok 3-Warna menekankan pada pola kreatif yang hanya terdiri dari tiga warna, sedangkan kelompok Warna Tidak terbatas bermain dengan warna tanpa batas dan tidak peduli apapun kontestan bermain dengan warna mereka.

Lima finalis terpilih dari kategori 3-Colors adalah Aljohn M.Matias dari Filipina, Waraporn Mamee dari Thailand, Wu Bo Yi dari Taiwan, Nguyen Dang Binh dari Vietnam, dan Rishabh Raj dari India. Sementara, lima finalis terpilih dari kategori Unlimited Colors adalah Lilo Jong (Malaysia), Brenca Sun (Taiwan), Hsu HshinChen (Taiwan), Tsuyoshi Artman (Jepang), dan Yman.S (Malaysia).

Karya Nguyen Dang Binh dari Vietnam terbilang menonjol dibandingkan desain dari finalis, hasil kreativitasnya berhasil mencapai lebih dari 5000 voting.

Karya Nguyen yang diberi judul Doodling Paper termasuk dalam kategori 3-Colors. Ia menggunakan teknik doodling untuk mengilustrasikan semua masa paling bahagianya, yakni saat masih di kampus, dengan ragam gambar wajah ke atas masker.

Meski terlihat acak, hasil akhirnya tetap artistik. Padahal, Nguyen berprofesi sebagai bankir. Bakat seninya didapat dari keluarga yang berkecimpung sebagai seniman.

Karya berjudul Ketidaksempurnaan Sempurna dari Aljohn juga tak kalah menarik. Masih mewakili kategori 3-Warna, karya mahasiswa jurusan seni murni di Filipina itu terinspirasi dari gaya melukis Picasso. Ia memadukan dengan pendekatan minimalis sebagai ekspresi seni tidak terbatas.

Serupa dengan finalis sebelumnya, karya Aljhon yang beragam rupa manusia yang ditemuinya selama ini dan bagaimana mereka membentuk kita saat ini. Lewat karya tersebut, ia ingin menunjukkan bahwa ketidaksempurnaan mampu menciptakan karya seni yang kuat dan penuh makna.

Karya ketiga yang juga menarik disimak adalah hasil kreasi Yman.S, seorang desainer kemasan senior asal Malaysia. Ia mewakili kategori Warna Tak Terbatas dengan karya berjudul Monster Nation.

Monster merupakan simbol ketakutan akan situasi pandemi Covid-19 yang melayani saat ini. Alih-alih menakutkan menakutkan, ia mengangkat kesan monster bak karakter-karakter Monster Inc. Lewat desain itu, ia ingin menyampaikan semangat positif dan sikap pantang menyerah kepada publik. (Liputan6)

 

Check Also

Setelah Ada yang Positif Covid-19, Tonga Memberlakukan ‘Lockdown’

SUMSELPOS.COM – Tonga memberlakukan ‘lockdown’ nasional dua hari mulai Rabu malam (2/02), setelah mencatat dua …