Home / Info Sumsel / Gub Sumsel Upaya Amankan Harta Karun Sriwijaya

Gub Sumsel Upaya Amankan Harta Karun Sriwijaya

Pasca penemuan Harta Karun yang disinyalir merupakan peninggalan jaman Kerajaan Sriwijaya, membuat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak tinggal diam untuk mengamankan aset peninggalan berharga tersebut.

Oleh karenanya, guna meneliti kebenaran hasil temuan tersebut Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan Pemprov Sumsel akan menerjunkan arkeolog untuk memastikan keabsahan temuan dilahan Gambut, kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut.

“Segera kita akan bawa Arkeolog. Kebetulan hari ini saya akan ke Jakarta bertemu dengan Mendikbud. Kita berkoordinasi akan melihat kemungkinan kerjasama apa terkait penemuan itu,” ujarnya dijumpai di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (7/10/2019)

Lanjutnya, Pemprov tidak ingin menerka-nerka terkait identitas penemuan di lahan gambut yang terbakar di kawasan OKI tersebut.

“Kita akan tunggu hasil tidak berani membuat asumsi itu peninggalan tahun berapa era kerajaan siapa,” ujarnya.

Mulai berdagangnya kolektor asing yang mencoba untuk melihat atapun mendapatkan hasil temuan peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya, Deru mengatakan, selama tidak untuk diperjual belikan dan hanya dibawa ke tempat asing maka harus tetap berpedoman pada aturan terkait barang peninggalan sejarah di Indonesia.

editor; Roy

Check Also

Ini Ciri dan Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Tidak Bisa Dilihat Secara Kasatmata

SUMSELPOS.COM-Madu memang banyak peminatnya tapi jangan sampai Anda terkecoh sehingga membeli madu palsu. Jangan sampai …

Leave a Reply