Home / Info Sumsel / Menyulap Pulau Kemaro Jadi Objek Wisata Air di Palembang

Menyulap Pulau Kemaro Jadi Objek Wisata Air di Palembang

SUMSELPOS.COM – Pulau Kemaro yang berada di Kelurahan Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dikenal dengan legenda percintaan Siti Fatimah dan Tan Bun Ann.

Lokasi ini juga, menjadi salah satu destinasi wisata religi. Di mana setiap tahunnya, puluhan ribu warga Tionghoa datang dan menggelar Anugerah Cap Go Meh.

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo, melihat potensi wisata di Pulau Kemaro tersebut perlu dikembangkan lagi. Bahkan, Pulau Kemaro akan disulap jadi wisata air, seperti di Ancol Jakarta.

Saat menggelar gotong royong di akwasan Bungalow Pulau Kemaro, Wako Palembang melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang Ahmad Bastari Yusak melihat potensi pariwisata di Pulau Kemaro yang bagus.

Namun saat menggelar aksi bersih-bersih, kawasan tersebut sempat tertutup rumput ilalang dan enceng gondok, karena arus Sungai Musi yang sedang naik.

“Kita sudah rusak tanda-tanda dengan tanda bendera hijau di beberapa titik Pulau Kemaro”

Membuka lahan seluas 25 hektar yang dimiliki Pemkot Palembang ini, lanjut Bastari, meskipun mudah.

Pulau yang terletak tepat di tengah Sungai Musi ini, sebagian tanah yang rawah basah kerap tertutup air saat air sungai Musi mengalami arus pasang.

“Beberapa hari ini hujan dan pasang memang menjadi masalah, namun kita tidak kendor,” tegasnya.

Pulau Kemaro yang terletak di sebelah timur Palembang ini, akan menjadi pundi-pundi-pundi-pundi wisata baru di Kota Palembang, digadang menjadi pusat wisata air mirip dengan wisata Ancol di Jakarta.

“Saat ini kita akan memperbaiki pelataran, yang tepat di tengah saat akan menuju ke Bungalow,” ucapnya. (Liputan6)

2021-02-08

About admin

Check Also

Tak Jadi Berangkat, Begini Cara Refund Dana Haji

SUMSELPOS.COM – Tahun ini pemerintah kembali memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji. Tak ada keberangkatan, …

Exit mobile version