Home / Gaya Hidup / Mobil Mungil Harga Rp 85 Jutaan, Intip Spesifikasi Suzuki S-Presso

Mobil Mungil Harga Rp 85 Jutaan, Intip Spesifikasi Suzuki S-Presso

SUMSELPOS.COM – Mobil murah Suzuki S-Presso dikabarkan bakal mengaspal di Indonesia. Soalnya nama Suzuki S-Presso muncul pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham dan sudah terdaftar sejak 25 Maret 2021.

Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh mobil yang dijual seharga Rp 85 jutaan di India ini?

Dimensi Suzuki S-Presso
Di Indonesia, Suzuki S-Presso bakal bersaing di segmen SUV kompak yang sebelumnya sudah dihuni beberapa merek, seperti Kia Sonet, Nissan Magnite, Toyota Raize, dan juga Daihatsu Rocky.

Dikutip dari detikcom, secara dimensi, Suzuki S-Presso memiliki ukuran yang sangat mungil, dengan panjang 3.665 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.549 mm sampai 1.564 mm, serta wheelbase atau jarak sumbu roda 2.380 mm. Mobil ini punya pilihan ukuran velg 13 inci atau 14 inci.

Jika dibandingkan, dimensi tersebut mirip-mirip dengan dimensi Suzuki Karimun Wagon R yang memiliki panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.670 mm sampai 1.700 mm, dan wheelbase 2.400 mm.

Mesin Suzuki S-Presso
Tak hanya dimensinya yang mirip-mirip, Suzuki S-Presso juga menggendong dapur pacu yang identik dengan mesin Karimun Wagon R. S-Presso ditenagai mesin BS-VI K10B, 998 cc, tiga silinder segaris, yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal 67 PS dan torsi maksimal 90 Nm.

Sementara itu Suzuki Karimun Wagon R juga mengusung mesin K10B, 998 cc, tiga silinder segaris. Namun untuk keluaran tenaganya sedikit lebih besar, yakni 68 PS, sedangkan torsinya sama, 90 Nm.

Pada Suzuki S-Presso, ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau automated manual 5 percepatan. Dengan mengusung mesin kecil, Suzuki S-Presso diklaim irit. Konsumsi bahan bakarnya hanya 21,7 km/liter sampai 21,4 km/liter.

Fitur Suzuki S-Presso
Di dalam mobil ini terdapat dasbor yang memadukan warna hitam dan oranye. Speedometer diletakkan bukan di balik setir, melainkan di bagian tengah di atas head unit. Sistem hiburannya menggunakan layar sentuh 7 inci dengan fungsi Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Suzuki S-Presso dibekali dengan dua airbag, ABS dengan EBD, sensor parkir belakang, hingga sistem peringatan kecepatan tinggi.

Harga mobil ini di India tak lebih dari Rp 100 juta. Dikutip dari Carwale, Suzuki S-Presso dijual mulai 439 ribu Rupee atau sekitar Rp 85 jutaan. Sedangkan tipe tertingginya dijual 536 ribu Rupee atau setara Rp 103 jutaan.

Diberitakan sebelumnya, S-Presso muncul pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Dalam pangkalan data kekayaan intelektual terlihat nama S-Presso didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.

Suzuki S-Presso didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609. Penamaan S-Presso ditunjukkan untuk berbagai komponen pada mobil, mulai dari suspensi, tangki bahan bakar, kaca spion, rem, tuas transmisi, dan lain sebagainya. (mg1)

Check Also

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Berpuasa

SUMSELPOS.COM – Bagi para bikers muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, wajib memperhatikan …