Home / Gaya Hidup / 4 Cara Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran Supaya Kembali Langsing

4 Cara Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran Supaya Kembali Langsing

SUMSELPOS.COM – Pasca lebaran biasanya banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan usai menyantap makanan berkalori tinggi. Nah, kamu bisa mengikuti cara diet ini, untuk mengembalikan berat badan semula.

Hari raya Idul Fitri dirayakan dengan menyajikan makanan lezat. Namun, makanan lezat tersebut kebanyakan yang mengandung kalori tinggi, seperti lontong sayur, opor ayam, semur, rendang hingga kue-kue kering.

Nah, terlalu banyak makan makanan tersebut bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Karenanya berbagai cara diet pun harus dilakukan untuk mengembalikan bentuk dan berat badan semula.

Cara menurunkan berat badan usai lebaran juga tidak terlalu rumit. Kuncinya adalah mengatur pola makan dan pola tidur.

Berikut 4 cara menurunkan berat badan setelah lebaran, seperti dilansir detikcom

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia lagi bahwa air putih memiliki banyak khasiat kesehatan. Bahkan bisa menurunkan berat badan. Nah, perbanyak minum air putih merupakan salah satu cara menurunkan berat badan setelah lebaran.

Caranya adalah setelah bangun tidak atau sebelum sarapan dianjurkan untuk minum dua gelas air. Cara tersebut bisa mengurangi keinginan makan terlalu banyak.

Selain itu, ketika tubuh terhidrasi, maka pengeluaran energi saat istirahat akan meningkat yang berarti bisa membakar kalori lebih cepat.

2. Makan secara Perlahan

Cara menurunkan berat badan yang satu ini sangat penting dilakukan, apalagi setelah mengonsumsi banyak makanan berminyak, makanan manis dan bersantan saat lebaran. Ini akan membantu kamu mengenali sinyal tubuh saat merasa kenyang.

Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan setelah kamu merasa kenyang. Selain itu, makan secara perlahan juga menghindari terjadinya tersedak yang bisa berakibat fatal.

3. Perhatikan Porsi Makan

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, tubuh akan beradaptasi dengan pola makan yang baru. Di mana waktu makan saat berpuasa hanya saat sahur dan berbuka. Makan tinggi garam dan lemak bukan merupakan ide yang baik.

Nah, sebagai gantinya kamu bisa memulai mengonsumsi porsi makan yang lebih kecil dan memperhatikan jarak antara waktu makan. Jika ingin menjaga berat badan, bisa memilih buah-buahan dan sayuran segar.

4. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Makanan bernutrisi seimbang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan tersebut penting untuk memenuhi nutrisi tubuh.

Hindari untuk mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Selain mengatur pola makan, penting juga untuk mengatur pola tidur. Meningkat selama berpuasa bukan tidak mungkin waktu tidur menjadi berkurang. (mg1)

Check Also

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Berpuasa

SUMSELPOS.COM – Bagi para bikers muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, wajib memperhatikan …