Home / Gaya Hidup / Memasuki Usia 40-an? Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Memasuki Usia 40-an? Ini Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

SUMSELPOS.COM – Ketika usia semakin bertambah khususnya saat mencapai umur 40, flek hitam bermunculan dan sulit dihilangkan. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah. MD Health mengungkapkan bahwa flek hitam di wajah muncul akibat pigmentasi melanin dan kulit kering karena paparan sinar matahari yang berlebihan, proses penuaan dini, stres, perubahan hormon, pola makan yang tidak teratur, bekas jerawat hingga faktor lingkungan.

Pada usia 40-an, tentu elastisitas kulit semakin berkurang dan rentan timbulnya bintik gelap ataupun sel yang rusak. Flek hitam yang muncul ini juga bisa disebut lentigine.

Selain itu, di Indonesia, di mana sinar matahari bersinar sepanjang tahun, tentu memperbesar risiko penyebab tubuh memproduksi melanin yang berlebihan untuk melindungi kulit dari kerusakan. Akibatnya, kulit menggelap dan terjadilah pembentukan flek hitam.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Pada Usia 40-an
Mengatasi flek hitam yang muncul di usia 40-an bisa dimulai dengan menggunakan krim anti penuaan hingga memakai sunscreen. Sebaiknya, sunscreen dioleskan ke wajah sekitar 30 menit sebelum pergi ke luar.

Berbagai vitamin juga dapat digunakan seperti vitamin E yang dioleskan langsung ke flek hitam sebelum tidur sehingga memberikan banyak antioksidan pada kulit dan dapat membantu meratakan warna kulit. Asupan vitamin C juga perlu diperhatikan karena dapat membantu mengurangi jumlah melanin yang diproduksi kulit.

Bahan alami lainnya juga secara optimal dapat mengurangi flek hitam di usia 40-an, seperti ekstrak teh hijau, susu, lidah buaya, lemon hingga madu. Bahan-bahan alami tersebut dapat dijadikan masker rumahan yang cara membuatnya sangatlah mudah.

Source: detik.com

2022-04-25

Check Also

Wow! Ternyata Deretan Jamu Ini Bisa Dijadikan Jamu Pelangsing

SUMSELPOS.COM – Ingin minum jamu pelangsing namun masih takut jika ada efek sampingnya? Tenang, beberapa …

Exit mobile version